3 Risiko Menggunakan Aplikasi Android Gratisan

Tabloid Aplikasi Android Tempatnya Aplikasi Android Terbaru, Terlengkap Dan Terbaik.

3 Risiko Menggunakan Aplikasi Android Gratisan

Untuk Anda para pengguna gadget berbasis Android maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa risiko menggunakan aplikasi Android gratisan yang akan coba kami bahas di kesempatan kali ini. Karena disamping kelebihannya yakni gratis atau tidak berbayar, tentu saja aplikasi gratisan juga memiliki beberapa kekurangan.

3 Risiko Menggunakan Aplikasi Android Gratisan

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada dasarnya aplikasi untuk sistem operasi Android memang tersedia dalam dua varian berbeda. Yakni aplikasi gratis dan juga aplikasi berbayar. Akan tetapi memang jika dibandingkan dengan aplikasi berbayar, aplikasi Android gratisan cenderung memiliki jumlah yang relatif lebih banyak.

Risiko Menggunakan Aplikasi Android Gratisan

Selain itu, karena sifatnya yang gratis atau tidak berbayar, maka tak heran jika varian aplikasi gratisan ini lebih banyak diminati oleh sebagian besar para pengguna gadget Android. Akan tetapi, mungkin para pengguna gadget Android juga sudah tak asing lagi dengan popup iklan yang kerap muncul saat aplikasi digunakan.

Melalui kondisi tersebutlah diketahui terdapat beberapa risiko yang akan dialami oleh para pengguna aplikasi Android gratis. Pasalnya pada setiap aplikasi yang bersifat gratis akan selalu muncul banyak iklan ketika aplikasi digunakan. Karena untuk developer aplikasi Android gratis, iklan-iklan tersebutlah yang menjadi salah satu sumber pemasukannya.

Bagi developer aplikasi, hal tersebut jelas menjadi keuntungan bagi mereka. Namun bagi para pengguna aplikasi gratis Android, hal tersebut diketahui menimbulkan beberapa dampak kerugian. Apa saja risiko yang akan di alami oleh penggunanya? Berikut ini adalah beberapa risiko menggunakan aplikasi Android gratisan.

1. Boros Baterai

Salah satu risiko dari menggunakan aplikasi gratis adalah borosnya daya baterai yang digunakan. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa aplikasi Android gratis mampu menghabiskan hingga 33 persen daya baterai gadget. Bahkan ada juga pihak penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan aplikasi gratis dapat mengurangi masa pakai baterai.

Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari aplikasi yang terus standby hingga popup iklan yang terus-menerus keluar saat aplikasi tengah digunakan. Hal tersebut akan diketahui dan disadari ketika penguna gadget Android sudah tidak lagi menggunakan ragam aplikasi yang bersifat gratis.

2. Kinerja Smartphone Melambat

Risiko kedua yang akan dialami oleh para pengguna aplikasi Android gratisan adalah melambatnya kinerja smartphone. Memang tidak hanya berlaku pada smartphone atau gadget Android yang menggunakan aplikasi gratis saja, namun juga dapat di alami oleh setiap pengguna gadget berbasis Android.

Terlebih jika frekuensi aplikasi Android gratis yang digunakan sangatlah tinggi dalam keseharian, maka sudah tentu akan memperlambat kinerja sistem pada gadget yang digunakan. Melalui sebuah penelitian diketahui, aplikasi gratis yang di dukung oleh iklan akan menghabiskan 56 persen kinerja pemrosesan.

3. Menghabiskan Lebih Banyak Kuota Data

Dan risiko terakhir yang akan di alami oleh para pengguna aplikasi Android gratisan adalah cenderung boros kuota data. Hal tersebut diketahui bahwa saat popup iklan muncul, maka kuota data akan lebih banyak terkuras dan terpakai. Karena penampilan popup iklan tersebut juga akan membutuhkan kuota data secara online.

Dan menurut penelitan yang pernah dilakukan, jumlah kuota data yang di peroleh melalui aplikasi Android gratis mencapai angka 100 persen dibandingkan aplikasi berbayar. Dimana pada aplikasi berbayar kenaikannya hanya mencapai 79 persen. Karena sebagian besar aplikasi berbayar biasanya tidak memiliki iklan yang menjadi sumber penghasilan mereka.

Demikian di atas tadi adalah tiga risiko menggunakan aplikasi Android gratisan yang mungkin jarang diketahui dan disadari oleh banyak pengguna smartphone Android. Semoga informasi teknologi dan aplikasi Android terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

3 Risiko Menggunakan Aplikasi Android Gratisan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yanuar endriant

0 comments:

Posting Komentar